Struktur tiang trekking

- 2021-09-03-

1. Menanganitiang trekking
Pegangan biasanya terbuat dari EVA, karet, gabus, plastik dan bahan lainnya. Setiap bahan memiliki karakteristik sebagai berikut: EVA: pegangan yang nyaman, penuh dan elastis, tidak terpengaruh oleh musim, dan bahan memiliki fungsi penyerapan keringat; Karet: pegangan penuh, keras di musim dingin, mudah retak, tidak ada fungsi penyerapan keringat, mudah meluncur di musim panas; Gabus: pegangan penuh, tidak terpengaruh oleh musim. Bahannya memiliki fungsi penyerapan keringat dan mudah dipakai dan mengalami deskuamasi; Plastik: cengkeraman yang buruk, mudah retak di musim dingin dan mudah meluncur di musim panas, tetapi biayanya rendah, murah dan nyaman.

2. Gelang daritiang trekking
Ini adalah bagian terpenting untuk dipertimbangkan saat membeli tongkat gunung. Karena transmisi timbal balik antara tongkat gunung dan kekuatan fisik pengguna terutama melalui gelang, kita harus mempertimbangkan apakah ia memiliki karakteristik berikut ketika memilih gelang berkualitas tinggi: bagian tengah gelang lebar dan kedua sisinya sempit, yang dapat mencegah pencekikan; Gesper penyetel gelang diatur pada sambungan dengan tongkat pemanjat, yang tidak bersentuhan dengan tangan untuk mencegah tangan hancur; Bagian dalam gelang terbuat dari bahan suede anti gesekan untuk secara efektif melindungi kulit yang terkena gelang.

3. Penopangtiang trekking
Bahan strut biasanya terbuat dari paduan aluminium, serat karbon, paduan titanium, kayu, baja dan bahan lainnya, di antaranya paduan aluminium dan serat karbon yang paling banyak digunakan. Beberapa bahan memiliki karakteristik sebagai berikut: paduan aluminium: kuat dan tahan lama, harga rendah, lebih berat dari serat karbon dan paduan titanium dan mudah korosi; Serat karbon: ringan, elastisitas dan ketangguhan yang baik, rasio kekuatan tinggi, ketahanan korosi dan harga tinggi; Paduan titanium: ringan, elastisitas dan kekuatan material yang baik, ketahanan korosi dan harga tinggi.

4. Sistem pengunciantiang trekking
Sistem penguncian adalah komponen keselamatan inti tongkat pendakian gunung. 90% masalah tongkat pendakian gunung disebabkan oleh kegagalan sistem penguncian. Tongkat panjat murah umumnya menggunakan komponen plastik biasa yang mudah dideformasi, sedangkan tongkat panjat kelas atas menggunakan plastik rekayasa keras (plastik kristal) dan dipotong dengan presisi. Pada saat yang sama, tongkat gunung paduan aluminium akan dilengkapi dengan sistem peredam kejut bersama dengan sistem penguncian. Sebagai komponen pegas, sistem peredam kejut dapat secara efektif menahan gaya benturan dan mengurangi tekanan pada lutut saat menuruni bukit. Namun, karena pegas akan menyerap daya dorong saat menanjak, maka akan memakan kekuatan fisik tambahan saat berjalan dalam waktu lama. Selain itu, komponen pegas dengan bahan yang buruk rentan terhadap karat, patah, selip, dll., menyebabkan gesper atau kegagalan sistem penguncian. Tongkat panjat yang terbuat dari serat karbon dan paduan titanium memiliki elastisitas dan ketangguhan yang baik, sehingga dapat mencapai penyerapan goncangan yang seimbang tanpa menyiapkan sistem penyerapan goncangan.

5. Dukungan lumpur daritiang trekking
Dukungan lumpur dapat mencegah tongkat panjat jatuh ke dalam lumpur. Namun, ada banyak duri dan semak di lingkungan pendakian, dan dukungan lumpur akan menghalangi kenyamanan tindakan. Oleh karena itu, perlu diperhatikan bahwa penyangga lumpur dapat dibongkar dengan cepat agar tidak menimbulkan masalah.

6. Ujung tongkattiang trekking

Ujung tongkat terbuat dari kepala karet, besi, baja karbon tungsten, dll. Baja tungsten karbon adalah yang paling keras, paling mahal, dan kepala karet adalah yang termurah, tetapi tidak dapat mengatasi medan luar yang kasar, dan ketahanan ausnya tidak sebagus kepala baja karbon tungsten. Pola umum di ujung tongkat termasuk pola jala, pola berlian, pola kisi, dll., di antaranya pola berlian memiliki ketahanan selip dan penetrasi terbaik.