Lalu apa saja manfaat tongkat pendakian? Mengapa semua orang menggunakannya?

- 2023-12-02-

Di masa lalu,trekking pole dan hikitiangmasih merupakan barang langka dan pada dasarnya tidak ada yang menggunakannya, tapi bagaimana dengan sekarang? Baik itu mendaki gunung, hiking, lari lintas alam, dll., semua orang mulai menggunakan tiang pendakian. Tidak diragukan lagi, ini telah menjadi perlengkapan penting untuk aktivitas luar ruangan.

Lalu apa saja manfaat tongkat pendakian? Mengapa semua orang menggunakannya?


Saat beraktivitas di luar ruangan,tongkat trekkingdapat melindungi persendian Anda, membantu Anda menjaga keseimbangan, dan menghemat tenaga saat berjalan di jalan pegunungan yang curam. Penelitian telah membuktikan bahwa tongkat pendakian dapat mengurangi gaya benturan pada sendi lutut hingga lebih dari 40% saat mendaki, terutama saat menuruni bukit.


Tiang pendakian agak mirip dengan tiang ski. Dengan mereka, kita bisa menggunakan kekuatan lengan kita untuk membantu kita bergerak maju. Baik di tanah datar maupun jalan pegunungan yang curam, tongkat pendakian dapat membantu kita meningkatkan kecepatan rata-rata.


Pada tahun 1999, "Journal of Sports Medicine" menerbitkan artikel yang membuktikan bahwa trekking pole dapat mengurangi gaya tumbukan pada lutut lebih dari 25%, sehingga saat melakukan olah raga outdoor terutama mendaki gunung, hiking, angkat beban menuruni bukit, dll. , tongkat trekking dapat mengurangi dampak menahan beban pada tungkai, lutut, pergelangan kaki, dan kaki kita.


Di beberapa daerah liar,tongkat trekkingjuga dapat membangkitkan gulma dan menakuti ular, serta mengusir tanaman merambat berduri dan jaring laba-laba di jalan. Ia juga dapat berperan dalam pertahanan diri di daerah berbahaya, terutama saat bertemu dengan anjing liar, beruang, dan hewan liar lainnya di alam liar.


Umumnya saat mendaki, trekking pole dapat membantu Anda menjaga keseimbangan dan meningkatkan kecepatan berjalan. Ini juga dapat memberikan perlindungan yang lebih baik di beberapa daerah berlumpur, daerah bersalju, dll. Hal ini juga dapat memainkan peran pendukung ketika menyeberangi sungai. Di beberapa jalan berbahaya, ini juga berperan dalam mendeteksi permukaan jalan. Misalnya di salju, juga bisa mendeteksi apakah ada lubang di depan.


Salah satu fungsi trekking pole yang paling penting adalah untuk mengurangi beban. Saat kita bergerak maju dengan beban, tongkat trekking dapat memindahkan beban ransel ke lengan bawah, dan kemudian bekerja di tanah melalui tongkat trekking, sehingga mengurangi beban pada kaki.


Terakhir, trekking pole juga merupakan aksesori tenda yang penting. Beberapa tenda kini bisa didirikan hanya dengan menggunakan tongkat trekking, sehingga kita tidak perlu membawa tiang tenda, sehingga mengurangi beban ransel kita.